Saatnya Akademisi Menulis Buku

Apakah menulis hukumnya wajib bagi akademisi, dosen, dan mahasiswa? Bagi saya wajib. Mengapa? Karena menulis merupakan “budaya ilmiah” yang wajib dilakukan mahasiswa. Selain kuliah, membaca dan diskusi, menulis juga menjadi keniscayaan mahasiswa. Selain menjadi karakter kaum intelektual, menulis juga bisa menghidupkan budaya akademis sebenarnya. Namun, apakah semua aktivitas menulis itu kegiatan ilmiah? Tentu tidak.

Saat ini, banyak akademisi sibuk menulis, tapi menulis SMS di ponsel, status di jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Padahal, rata-rata tulisan di jejaring sosial hanya berisi “bualan dan curhatan” dari pemilik akunnya.

Jika kita logika, tulisan-tulisan kita di jejaring sosial kalau dikumpulkan dan disusun pasti jadi beberapa buku. Itu pasti. Lalu, kapan mahasiswa mampu menulis buku?

Seharusnya budaya menulis menjadi “kegiatan wajib” mahasiswa, baik menulis artikel, opini, cerpen, puisi, resensi, bahkan buku. Apalagi, saat ini banyak media massa baik cetak maupun elektronik membuka peluang besar bagi mahasiswa untuk “meludahkan” karya ilmiahnya.

Selain mendapatkan honor, mereka juga bisa mempromosikan budaya menulis, menyampaikan ide, dan memberikan pencerahan bagi pembaca lewat tulisannya. Bahkan, menulis bisa menjadi alat perjuangan untuk membela kaum lemah.

Menulis Buku

Layaknya menulis artikel, sebenarnya menulis buku juga mudah. Yang terpenting, ada kemauan dan kemampuan kuat dalam menulis. Pasalnya, penerbit di mana pun pasti mau menerbitkan tulisan jika karya kita bagus dan layak jual. Dan tak perlu menunggu bergelar Sarjana, Magister, Dr, dan Prof untuk menulis buku. Asalkan ada keinginan kuat pasti bisa.

Banyak tipe buku yang bisa ditulis mahasiswa. Pertama, buku karangan perorangan, baik berupa buku bertema pendidikan, politik, dan demokrasi. Kedua, buku berjenis kelamin sastra seperti antologi cerpen, novel, dan sebagainya. Ketiga, buku kumpulan artikel/tulisan yang dimuat di media massa. Keempat, buku berbentuk bunga rampai. Dan buku seperti inilah yang sering ditulis mahasiswa. Mereka menghimpun tulisan-tulisan dari beberapa penulis lepas untuk merumuskan buku.

Di sisi lain, saat ini juga banyak mahasiswa yang menyusun buku dengan cara menghimpun makalah kuliah mereka. Setiap satu mata kuliah di kampus, mahasiswa bisa mengumpulkan makalah-makalah sesuai tema yang diberikan dosen, lalu makalah tersebut disusun menjadi buku. Jadi, hal ini lebih efektif dan efisien untuk memiliki suatu karya.

Namun, hal itu tidak semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan keseriusan dan
“cinta jurnalistik” yang tinggi. Karena tidak semua mahasiswa suka dan memiliki bakat menulis, serta memiliki modal untuk menerbitkan buku. Akan tetapi, pada intinya ada pada kemauan dan kemampuan menulis. Artinya, jika sudah memiliki potensi dan bakat, maka menulis apa pun akan menjadi mudah, termasuk menulis buku.

Pacu Geliat Menulis

Sebenarnya, menulis bukanlah masalah bakat dan potensi bawaan lahir, melainkan masalah latihan, kebiasaan, konsistensi, dan intensitas menulis. Pasalnya, banyak mahasiswa pandai beretorika yang bicara “ngalor-ngidul”, tapi jika disuruh menulis ia tak bisa.

Maka dari itu, banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa jika ingin menulis. Pertama, membaca semua tulisan, baik Alquran, buku, majalah, internet, artikel, cerpen, dan sebagainya. Karena membaca adalah “guru terhebat” dalam menulis apa pun. Jika ingin tahu cara menulis, maka mahasiswa harus aktif di pelatihan, training, dan seminar jurnalistik.

Kedua, membiasakan diri konsisten menulis. Minimal satu halaman setiap hari, bahkan bisa lebih. Ketiga, menjadikan menulis sebagai “candu”. Karena jika tak mencintai kegiatan menulis, pasti aktivitas ini menjenuhkan karena memeras pikiran dan tenaga.

Sepandai dan sehebat apa pun seseorang, kalau tak pernah nulis, tulisannya pasti jelek, tidak memahamkan pembaca dan sulit dimuat media massa, apalagi dijadikan buku. Sebanyak apa pun gelar seseorang, jika tak pernah merangkai kata-kata, pasti tulisannya juga tak kalah hebatnya dengan tulisan mahasiswa S-1 yang terbiasa menulis.

Maka, menulis sebenarnya bukan masalah posisi dan gelar. Akan tetapi, menulis merupakan masalah daya berpikir, merangkai kata, dan meludahkan ke media massa. Jadi, menulis harus benar-benar aktif, produktif, dan kreatif dalam menggambarkan gagasan dan ide wacana lewat tulisan.

Keempat, perlu belajar memahami karakter tulisan dan bahasa jurnalistik. Artinya, bahasa tulisan yang baik adalah yang memahamkan pembaca dan tidak terlalu “ndakik-ndakik”. Pasalnya, banyak penulis yang tulisannya tak memahamkan pembaca. Penulis seperti ini sangat egois. Jadi, penulis seharusnya mampu membahasakan idenya lewat sajian yang simpel dan mengena. Karena pada hakikatnya, menulis juga menyampaikan ide dan gagasan kepada pembaca.

Kelima, jika ingin menulis, mahasiswa harus meningkatkan kualitas diri. Selain membaca dan diskusi, mereka juga harus aktif di lembaga pers mahasiswa di kampus, karena di sana diajarkan tata cara menulis dengan baik dan benar.

Orientasi Menulis

Yang jelas, menulis sebenarnya bukan sekadar menulis dan mengirim ke media massa atau menghimpunnya menjadi buku. Akan tetapi, tugas sosial, mengritik dan memberi solusi pada penguasa harus menjadi landasan dasar dalam menulis. Jangan sampai penulis hanya berorientasi pada “recehan” belaka. Apalah arti recehan itu? Jika tak ada perubahan signifikan di masyarakat. 

Kalau kita ikhlas, pasti keajaiban akan terjadi. Bukan penulis yang mengejar uang, tetapi uanglah yang mengejar penulis. Karena pada hakikatnya, menulis bukanlah mencari uang. Tetapi, lewat tulisan itulah memberikan edukasi pada masyarakat. Jadi, sudah saatnya akademisi mahasiswa menulis.

Hamidullah Ibda ; 
Akademisi IAIN Walisongo,
Pemimpin Umum Majalah Tuntas LAPMI Cabang Semarang
OKEZONENEWS, 26 April 2013



Artikel Terkait:

6 komentar:

  1. nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi

    kita semua :)keep update!
    mesin mobil

    BalasHapus
  2. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!model mobil

    BalasHapus
  3. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil sport

    BalasHapus
  4. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga honda CRV bekas

    BalasHapus


  5. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) andien

    BalasHapus

  6. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Daihatsu Ayla 2014

    BalasHapus

Beri Komentar demi Refleksi